Momentum Perubahan


ž Sesungguhnya Allah tidak merobah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka merobah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap sesuatu kaum, Maka tak ada yang dapat menolaknya; dan sekali-kali tak ada pelindung bagi mereka selain Dia. QS Ar Ra’du ayat 11 

Baru saja kita menyaksikan suksesi kepemimpinan di sekolah kita tercinta. Kepada Bapak Ahmad Zainal Fanani, S.Pd, M.A. kami ucapkan banyak terimakasih atas segala ilmu, tenaga, pemikiran dan semua yang telah diberikan untuk memajukan sekolah kita ini. Untuk Pak Supriyadi, S.Pd kami ucapkan selamat semoga bisa membawa sekolah kita ini menjadi lebih baik, lebih membawa manfaat, lebih berprestasi, mampu malahirkan lulusan yang berwawasan teknologi dan berakhlaqul karimah.
Bulan ini merupakan bulan Muharram 1434 H, bertepatan di penghujung akhir tahun 2012. Kita harus sadari ini adalah momentum yang sangat baik. Seperti yang disampaikan oleh Bapak Aris Madani, S.PdI pada saat sambutan PDM Kota Yogyakarta pada acara serah terima kepala sekolah SMP Muhammadiyah 4 Yogyakarta  pada tanggal 23 November 2012 yang lalu.”Ini adalah momentum yang bagus, disaat kita berkontemplasi, bermuhasabah, menghitung-hitung amalan yang kita lakukan, pada saat ini juga kita menyaksikan suksesi kepemimpinan”.Berubah adalah jawabannya. Tentunya berubah ke arah yang lebih baik. Kearah yang lebih prestatif, kompetitif dalam bingkai keridhoaan Allah SWT. Ini yang harus kita upayakan. Perubahan ini akan terasa lebih mudah dan lebih cepat dengan momentum yang luar biasa ini.
Kita harus jujur, banyak hal yang harus kita koreksi, kita evaluasi untuk kemudian kita rubah ke arah yang lebih baik. Perubahan ini harus kita upayakan dengan sungguh-sungguh, karena tanpa itu semua sulit rasanya kita menyaksikan diri kita, keluarga kita, sekolah kita menjadi lebih baik.
Allah SWT berfirman di dalam Al Qur’an Surat Ar Ra’du ayat 11. Artinya : Sesungguhnya Allah tidak merobah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka merobah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri... (QS Ar Ra’du ayat 11)
Ayat ini jelas memberikan tuntunan kepada kita bahwa kita harus mulai dan kita yang harus mulai.  Dari mana? Aa’ Gym selalu sampaikan, mulailah dari diri sendiri, mulai dari sekarang dan mulai dari yang terkecil. Kalau ini dilakukan oleh siapapun maka insya Allah percepatan perubahan itu menjadi suatu keniscayaan. Melakukan sebuah kebaikan, kebaikan dan kebaikan adalah kuncinya. Kata Allah dalam QS Ar Rahman ayat 60. Artinya : Tidak ada balasan kebaikan kecuali kebaikan (pula). (Qs Ar Rahman: 60).
Sudah sunattullah bahwa kebaikan yang kita lakukan akan menarik kebaikan pada diri kita. Kita sering terlena, seolah kita merasa biasa saja ketika kita melakukan amalan yang tidak termasuk amalan kebaikan. Tanpa kita sadari itulah yang akan kita dapati, ketidaksuksesan dan ketidakberkahan. Kita berlindung kepada Allah dari semua itu.
Kenapa kita mesti berubah? Berubah adalah tanda-tanda kehidupan. Kalau kita merasa hidup maka harus berubah. Tanaman itu hidup maka ia tumbuh dan berubah. Karena kita ini hidup maka kita juga harus berubah. Hari ini harus lebih baik dari hari kemarin, kalau hari ini sama dengan hari kemaren maka itu adalah kerugian, jikalau hari ini lebih buruk dari hari kemaren maka itu akan mendatangkan laknat Allah SWT. Semoga kita bisa berubah kearah yang lebih baik. Insya Allah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Biografi KH Ahmad Dahlan